Buku Sujiwo Tejo “NGAWUR karena BENAR”

15 Mar

Gambar

“Selamat datang di alam ngawur.” Itulah sapaan dari buku pengantarnya Presiden Republik Jancuk, Sujiwo Tejo. Dengan memborong bakat nya yang sudah diwariskan dari sang ayah Soetedjo ini membuat Sujiwo Tejo melahirkan buku nyeleneh bin ajaib bagi saya. Kalau kata beliau begini, “Setelah kita endus bahwa di balik kedok tertata, sopan dan bertata krama itu ternyata adalah kepalsuan, ketika itulah ngawurisme bermula”. Petikan dari awal kata pengantar saja sudah bikin gemes melebihi dedek-dedek slurpi 711. #eaaa

Ngawurisme” dalam buku ini disalurkan dengan gaya urakan. Urakan menurutnya berbeda dengan kurang ajar. Urakan adalah pelanggaran peraturan termasuk dalam pikiran karena tidak sesuai dengan hati nurani. Kurang ajar adalah pelanggaran yang dilakukan hanya karena dorongan nafsu sesaat. Itulah pendapat Presiden Jancukers yang sempat dikutip oleh berbagai media saat perilisan buku nya tanggal 14 Maret di Galeri II Taman Ismail Marzuki. Saat itu suami dari Rosana Nurbani serta ayah Rembulan Randu Dahlia, Kennya Rizki Rinonce dan Jagad ini sempat melantunkan beberapa lagu yang di ciptakannya sendiri dan bermain saksophon untuk menghibur penonton.

Walaupun saya tidak sempat datang waktu rilisnya buku tersebut, namun saya sudah membeli bukunya sejak 5 Maret (#eaaa nggak penting deh nih!). Dalam buku “NGAWUR karena BENAR” ini menceritakan 37 kisah yang berbeda-beda. Terlebih saya juga suka dengan foto-foto yang kadang menyelip disela-sela jeda bab cerita. Tulisan kosakata nya pun khas sekali dengan bahasa jawa, yang kadang-kadang membuat saya bertanya-tanya akan artinya. Hehehe mohon maklum presiden, aku nggak faseh bahasa jawanya *sungkem*

Bagi saya buku ini sangat bervariasi tokoh-tokohnya yang diceritakan, karena misalnya saja ada bagian yang menceritakan tentang politik namun nama yang dipakai adalah nama pewayangan atau pun artis masa kini. #tsaelah. Serta judul yang diberikan oleh Presiden Jancuk ini juga ngawur karena benar lho.

Inilah judul-judul yang ada di buku tersebut :

1. Kinclong Banyuwangi Bagi Asterix

2. Amandemen Indonesia Raya

3. Masa Depan Sembilan Kebohongan

4. Uang Jajan, Makan, Saku, Transport (ini cerita favorit saya)

5. Gang Landak di Kampung Naga

6. Ada Nazar di Kali Serayu

7. Bukan Bang Thoyib Bukan Sinta

8. Sandyakalaning Senyum

9. Komisi Peternakan Kroto

10. Detektif Conan Menjelma Ramawijaya

11. Hujan Bola di Negeri Orang, Hujan Tangis di…

12. Tentang Burisrawa Berwajah Gayus

13. Memasuki Milenium Sengkuni

14. Pidato Buah Apel, eh, Buah Simalakama

15.Yudistira Naik-Naik ke Puncak Gaji

16. Sekali Jujur, 2-3 Bohong Terlampaui

17. “Doktor You Know Me So Well..”

18. Seandainya Saya Bukan Presiden

19. Suatu Abad “Century”

20. Wakil Rakyat Klampis Ireng

21. Sang Prabu Dipada’no Kebo

22. Prita Mencari Undur-Undur

23. Pasemon Anas – SBY

24. Demokrasi Semar, Catatan Februari

25. Bapak Ceplas-Ceplos Nasional

26. Semiliar Kunang-kunang di Angkasa

27. Lysistrata dari Sunan Bonang

28. Riwayat Orang-orang Sakti

29. Amir Membolos Kata Bu Guru

30. Ki Markus Sabdo Guru Wayangku

31. Orang Semenanjung Itu Telah Semakin Masuk

32. Tak Ada Salahnya Jadi Kaum Optimis

33. Imlek, Sri Mulyani, Ramalan Jayabaya

34. Menyongsong Ramalan Kedelapan Jayabaya

35. Tintin Saksi Sang Resi

36. Subali, Batman, Tanah Nusantara

37. Lupa Udin se-Mayapada

Namun ada kata-kata kutipan dihampir setiap bab nya, ini sebagian yang saya tulis.

“Harusnya kesabaran itu seperti keinginan, tak ada batasnya. Yang bertapal batas cuma kebutuhan” (Kinclong Banyuwangi Bagi Asterix, hal.13)

“Lagu kebangsaan pastilah bukan semacam sistem demokrasi yang bisa didatangkan dari luar dan harus bisa dipakai oleh seluruh daerah yang tanpa sejarah demokrasi, karena lagu kebangsaan bukan demokrasi yang rasional dan bisa dicapai dengan pembelajaran. Lagu kebangsaan adalah urusan emosional.” (Amandemen Indonesia Raya, hal 19)

“Jika kegagalan adalah sukses yang tertunda, berarti bisa kita harapkan kebohongan adalah jujur yang tertunda.” (Masa Depan Sembilan Kebohongan, hal.24)

“Bapak-bapak dan ibu-ibu… Kalau kita ingin Capres yang pro anak muda, tak ada pilihan lain kecuali Yuni Shara!” (Gang Landak di Kampung Naga, hal.29)

“Perempuan kalau marah kan teriaknya ‘jangan renggut kehormatanku’, bukan ‘jangan renggut dewan kehormatanku’!!!” (Komisi Peternakan Kroto, hal.56)

“Hidup ini tergantung anggapan” (Detektif Conan Menjelma Ramawijaya, hal.62)

“Uang susah dicari. Saya pasti harus korupsi lagi di luar penjara. Saya bukan monyet yang bisa hidup dari makanan sisa.” (Detektif Conan Menjelma Ramawijaya, hal.64)

“Ternyata masalah sudah berhasil dipecahkan, yaitu pecah dari satu masalah menjadi dua masalah.” (Tentang Burisrawa Berwajah Gayus, hal.78)

“Negeri sampean kan cuma punya buah anggur. Kami punya buah simalakama. Maknanya serbasalah. Nggak ada film impor nggak ada saingan. Orang-orang sini bikin film seenaknya sendiri, biasanya soal genderuwo. Tapi dikasih film impor, film-film lokal jadi mati..” (Sekali Jujur, 2-3 Bohong Terlampaui, hal. 106)

“Cinta tidak mengenal pengorbanan. Ketika kau sudah mulai merasa berkorban, pada saat itu juga cintamu sudah mulai memudar..” (“Doktor You Know Me So Well..”, hal.115)

“Puncak kangen yang paling dahsyat itu ketika dua orang tidak saling menelpon, SMS, BBM dan lain-lain tetapi keduanya diam-diam saling mendoakan..” (Lupa Udin se-Mayapada, hal.242)

*kalian bisa lebih ngawurisme di timeline nya @sudjiwotedjo

Advertisements

B(R)UTA(L)

24 Dec

 

“Anak jalanan yang bukan punkers nggak dikasih kesempatan sekolah -Iman Fattah- (Gitaris band Raksasa) 

Terdengar tragis berita yang ada, perlakuan bengis diterima nya. Puluhan anak digunduli oleh para seleb penguasa. Katanya anak-anak meresahkan warga. Ah padahal itu cuma alasan belaka, nyatanya mereka hanya sedang bersenang-senang saja. Dimana peran dewasa? Kalian main selonong mengkotak-kotakan, dasar egois.

Jangan salahkan jika seluruh dunia mengisi keprotesan kalian lewat apa saja. Di jagad maya pun menebar aksi caci maki kian membara, semakin menjadi tentu nya. Mengapa hanya mereka yang kalian sekolahkan? Apa kalian tidak melihat dipersimpangan jalan, gang rumah mu didepan, ada yang sama kan? Sama-sama compang-camping tapi setiap hari pura-pura melintas saja tanpa membantu apa-apa. Lalu sekarang kalian mengurung mereka dengan alasan ‘di-se-ko-lah-kan’. Apa yang kalian ajari? Tata krama? Bahasa Indonesia? Atau budaya pop meng-korupsi? Apa kalian butuh sesuap uang baru dilepaskan? Waw.

Jangan bersikap BUTA pada yang BRUTAL, toh kalian lebih parah karena mengesampingkan kenakalan pejabat yang makan duit rakyat. Itu termasuk “senang-senang” kah?

The Best For You

2 Nov

IDE POKOK : Cinta itu harus berani melepaskan demi kebahagiaan orang yang dicintainya.

TEMA : Tentang seorang istri yang sudah tidak sanggup lagi memenuhi kebutuhan biologis sang suami dan harus merelakan suami nya tidur bersama wanita lain.

KARAKTER :

  • Margaret        :

Secara psikis nya dia adalah penyabar, setia, penyayang, mudah putus asa dan minder

Secara fisik nya dia adalah wanita tua, tinggi, rambut putih, mata biru dan rambut sebahu

 

  • George            :

Secara psikis nya dia adalah ulet, egois, jujur, lemah iman dan plin plan

Secara fisik nya dia adalah tinggi, rambut rada botak, badan besar, mata biru dan lelaki tua

 

SYNOPSIS

Perempuan tua yang berbaring ditempat tidur, tidak mendengkur hanya merasa terkubur. Dengan penyakit yang tak kunjung sembuh Margaret lesuh tak berparuh. Hari-hari nya hanya diisi oleh pertanyaan kebathinan kepada Tuhan bahwa kapan dia dijemput karena sudah tak sanggup melihat George yang selalu setia mendampingi hidupnya. Dia bersyukur mempunyai suami yang tak pernah lelah mengurus setiap jalan rasa sakitnya berpuluh-puluh tahun. Hingga kini sudah tua, keriput dan nafsu yang sudah kerut.

Sampai akhirnya Margaret merasa bersalah karena tak pernah bisa menyanggupi kebutuhan biologisnya. Dengan rasa yang cukup kuat dengan topeng ala sumringahnya, dia coba untuk memilih kebijakannya demi atas nama cinta. Do’a kekuatan untuk merelakan sang suami dipegang erat dengan isak tangis yang mulai meringis. Dimobil itu pun rasa gelisah tak bisa mengekangnya sampai keseluruhan membekas menyitanya. Deras airmata menjadi suara ketidakrelaaanya berbicara, yang apalagi Margaret harus mengantarkan George ke tempat perempuan-perempuan yang haus sperma lelakinya. Ajaib,nasib.

Apalah daya, cinta butuh pengertian dalam cangkupan yang luas. Dimana antara logika dan perasaan membuat tekanan didalamnya. Itulah pengorbanan cinta yang tidak pernah bisa diukur oleh apapun, dia bisa bicara ketika bukti dipegangnya.  Rasa sakit bathin dan rohani cukup mengenyangkan Margaret tapi dia tak pernah menyesal untuk melakukannya demi suami tercinta. Bagi Margaret, “aku mencintaimu lebih dari nyawa ku”. Dan George pun sungkan menunduk.

Pilkada atau Pilkadot

22 Oct

 

Hari ini tepatnya oleh pencoblosan Pilkada alias Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Daerah 2011. Sejak tadi pagi, tepatnya didepan rumah saya sudah ramai oleh orang-orang yang sibuk dengan coblos mencoblos. Terlebih yang saya baru bangun jam setengah 8 pagi, cuma melongok dari jendela atas keramaian tersebut dan bikin kopi sangatlah lebih menyegarkan ketimbang urusan mencoblos.

Sesampainya siang hari, yang kelihatannya saya sangatlah berleha-leha didepan monitor laptop lalu ada suara-suara aneh yaitu suara Ibu saya yang memanggil atau pun berteriak lebih tepatnya untuk menyuruh ikut pencoblosan pilkada ini. Tapi apa boleh buat saya lebih memilih dikamar sambil searching gono-gini. Dan yang lebih saya malesin adalah ketika Ibu saya bilang “Kamu kenapa sih gak mau nyoblos? Kan gak enak sama Pak RT uda didaftarin nama nya.” Coba perhatikan baik-baik suruhannya! Jadi Ibu saya nyuruh ikut pencoblosan karena unsur gak enak sama Pak RT atau tetangga sekitar doang ya? Kan itu pemilihan adalah hak setiap orang, berarti saya juga punya hak dong buat tidak memilih siapapun diantara kandidat tersebut? Kalo pun mereka berhak atas penyalonannya sebagai ketua atau wakil daerah, saya juga punya hak untuk tidak bersuara oleh siapa pun toh.

Apa salahnya jika saya golput? Saya lebih suka polkadot karena dia lebih lucu daripada pemilihan gono-gini soalnya itu kayak perebutan harta sih. Yang ujung-ujungnya cuma demi jabatan terus…… ah skip waelah!

#salamgolput

(Segera) Rilis Album The Kuda!

5 Sep

Perkenalkan mereka, band asal Bogor punya.  Mereka bernamakan THE KUDA, yang isi kandang nya ada Adipati (vocal & guitar)Idam Bonges (guitar)Dhany Ahong (drums)Nanu (bass) dan Adit (guitar). Kini, sedang persiapan album baru lagi setelah album “Mistery Torpedo”  yang bermain dengan modifikasi hardcore punk rock nya. Di album tersebut merilis 10 lagu yang singkat dan padat nan cepat. Hanya dengan merangkai nyinyir nya kuda liar bisa jadi lagu yang agresif. Sekarang giliran untuk merilis album (LAGI) yang menendang aroma-aroma kuda liar untuk menyegarkan Jakarta dan sekitarnya. Dari lagu, artwork sampai line-up pun penuh dengan kejutan, seperti kejutan THR lebaran. Inilah obral-obrol sesingkat-singkatnya…

Adipati : Aw..ceritanya interview nih? Asiik

Wfy : Ketauan deh..Hahaha Tema lagu-lagunya apa nih kang kebanyakan? Edisi lebaran bukan? Hehe

Adipati : Kalo ‘Mistery Torpedo kan 90% tentang wanita. Nah yang album ini lebih ke pengalaman kehidupan kita sehari-hari. Dari musik ada beberapa bernuansa psycobilly punk rock 70s

Wfy : Tapi masih tentang cinta-cintaan nggak nih? #oops

Adipati : 20% kayaknya yang cintanya. Tapi lagunya bukan cinta deh, judulnya aja ‘Hello Effect’

The Kuda yang mempunyai kebiasaan bikin kopi cap ilong (khas Bogor) ini akan mengeluarkan lagu baru andalan yang menceritakan tentang kutu busuk yang selalu menghisap darah kita dikandang. Dalam bahasa sunda disebut dengan tumbila, mereka banyak banget dikandang The Kuda. Mereka benci banget, (katanya) musuh bersama. Maka nya deretan lagu nya diberi judul “TUMBILA ATTACK”. Aransemennya sangat luar biasa oldschool.

Selain itu kabar terbaru dari mereka adalah sang drummer alias si Dhany Ahong telah digantikan oleh pemain drum metalhead sejati. Menurut kang adipati, “Drummer yang lama kerja di freeport, papua”. Tapi jika ingin mengetahui sosok drummer yang baru ini, yah..musti pantengin album nya The Kuda nanti rilis. Hehehe.

*Cek juga mereka disini :

http://yesnowave.com/yesno058/

http://www.myspace.com/the_kuda/music

OURSPACE

15 Aug

Yap, ini lah keisengan saya dan eja. Keisengan yang nggak tau kapan bisa terwujud lebih baik lagi dengan cerita-cerita yang agak serius dan nggak serius itu. Blog our-space ini memang berisi tentang apa yang unik, asik dan memetik bulu mata yang lentik. Halah. 😀

Intinya sih, main-mainlah ke blog-ourspace.blogspot.com

“TURIYA” by Maradilla Syachridar

11 Aug

Alangkah indahnya. Alangkah bahagianya. Jika saja aku bisa tersesat di sini, menikmati semuanya dengan perasaaan tak terbendung, aku akan membiarkannya meluap dan memenuhi seluruh ruang yang ada.

Tuhan, jangan cegah ia bergerak, karena iramanyalah yang membuat dunia ini terasa nyata. Jangan biarkan tirai itu tersingkap, atau kebahagiaanku akan terenggut seketika.

seiring kelopak mataku yang mulai terbuka, dunia itu lantas musnah. 

Itulah sepenggal prolog yang tampil sebelum cerita TURIYA diceritakan oleh Maradilla Syachridar. Cewek yang lahir di Bandung pada tanggal 22 Maret 1987 ini berhasil membuat saya jatuh cinta untuk membacanya berulang-ulang kali. Selain itu sisi lainnya dari seorang sastra dan penulis, Dilla juga berbakat untuk Band HOMOGENIC sebagai additional vocal dan synthesizer.

Turiya mempunyai isi cerita yang menarik dengan adanya Absurd Paradiso, itu biasanya terjadi ketika kita mengalami sesuatu yang kita idam-idamkan dan itu malah muncul lewat mimpi. Dan inilah ide pertamanya, “kalo absurd paradiso itu aku sendiri belom pernah ngalamin, tapi kalo ngalamin suka sama orang sampe dipendem dan ngebatin, semua orang pasti ngalamin kali ya, hehehehe. nah, ide awalnya dari situ.. aku pernah inget baca satu artikel kalo kita lagi suka sama sesuatu bisa sampe kemimpiin toh? yaudah sekalian aja kita pertemukan dua keinginan yang terpendam itu” jawab teh dilla sambil nyengir. Dalam buku ini juga ada beberapa sketsa dari Ykha Amelz (vocalis dari band C.U.T.S) yang selalu menyempil dibagian cerita Turiya. Yang saya sukai ketika ada queto seperti ini *aku lebih menyukai jika hubungan ini seperti white wine,yang rasa tannic-nya lebih sedikit ketimbang carbenet yang kmu puja itu. aku tidak begitu suka rasa sepat*, dan ternyata teh dilla memberikan nuansa tema wine “Aku suka wine, tapi gak sebegitunya sih. Berhubung milih temanya emang wine secara khusus, langsung banyak-banyakin referensi bacaan-bacaan tentang wine ajaa ;D” itulah pengakuannya.

Dari awalnya cerita ini memang menggambarkan seorang wanita (bernama Dwayne) yang sedang patah hati. Sampai-sampai dia berfikir “Lebih baik tenggelam dalam mimpi daripada tenggelam dalam sakit hati”. Sehingga dia pindah ke kota Marstonm, kota dengan udara sejuk dan sangat nyaman bagi Dwayne. Tetapi di kota ini, dia tetap saja  merasakan kekecewaannya karena harus pisah dengan Allegra yang memilih untuk sebuah persahabatan daripada menjalani sebuah percintaan yang tumbuh selama ini. Namun Dwayne menyerukan bahwa “mengalah pada emosi itu manusiawi”. Dia membiarkan sakit hatinya dengan menangis dan berfikir bahwa ini adalah proses pemulihan menuju titik yang lebih tinggi lagi dan meninggalkan titik terendahnya.

Setelah beberapa hari nya, dia memilih untuk keluar kamar dan berkumpul dengan para penghuni asrama lainnya.  Suasana ruangnya sangat ricuh. Banyak makanan dan minuman termasuk alkohol. Sampai akhirnya dia bertemu dengan Fro yang memberikan kejutan dengan membawakan seorang teman lamanya Dwayne, sebut saja King. Saat itu juga Dwayne mengajak King untuk kekamar sambil mengingat kenangan manis sekaligus pahit. King adalah sahabat yang pernah dicampakkan oleh Dwayne karena dia lebih memilih Allegra. Tapi yang terjadi adalah King seorang pria yang menyukai Dwayne juga sejak dahulu. Kini King menjadi pengusaha anggur yang sukses. Anggur yang bermerek buatannya, Chateau Groumutte yang terkenal hingga luar negeri.

Ketika itu King memperkenalkan temannya yang bernama Millo kepada Dwayne, seorang pria yang tampak seperti pria dewasa dengan perawakannya tinggi besar, rambut gondrong dengan helai-helai rambut yang masih terlalu tipis untuk bisa disebut cambang di sekitar dagunya. Dia seorang seniman yang terobsesi dengan membuat sebuah gallery dengan kumpulan karya-karyanya. Semenjak perkenalan antara Millo dengan Dwayne, ada benih-benih cinta yang tumbuh.

Segitu cerita singkatnya dari saya, kalo mau tau ending ceritanya order langsung aja ke info@elsepress.com karena kalo diceritain disini semua jadi gak suprise deh. 😀