ATAS NAMA PELAMPIASAN

22 Jul

Yess, PELAMPIASAN ! DAMN. Sepenggal kata yang yang mewakili musik genre rock atau metal sekalipun. Namun usut punya usut ternyata etos itu sudah ada sejak dahulu hingga sekarang. Musik ini juga selalu mencari sesuatu yang ekstrim untuk melampiaskan kejengkelan atas suatu perasaaan yang menekan. Entah itu dari melengking, growl, atau rappin.  Growl itu sendiri diartikan sebagai suara vocal yang mempunyai sentuhan karakter hardvoice tertentu yang lebih rocker.

Macam-macam kategori yang dinyatakan ke dalam musik metal , yaitu :

1. HEAVY METAL

Heavy Metal dicirikan oleh suara gitar yang keras, rhythms yang tegas, suara bass dan drum yang padat, dan suara vocals yang kuat/keras. Dengan hal tersebut Heavy Metal merupakan jenis hard rock yang kurang blues tetapi pertunjukannya lebih kasar dan memaksa. Pada tahun 1970, ada pengusung heavy metal murni, Judas Priest serta Motorhead. Lewat ke dua band ini, evolusi rock ke heavy metal berjalan sempurna.

2. GLAM METAL

Musik ini ternyata juga sudah diwarnai oleh heavy metal yang ahdir dengan ritem gitar full distorsi, permainan solo gitar yang melodius plus chorus lagu yang megah. Pukulan drumnya terasa sangat keras dan permainan bass terdengar lebih groovy. Lirik lagunya juga kebanyakan bertema glamor dan hedon. Terlebih tentang sex, drugs, dan alkohol. Fashionnya juga dengan rambut yang gondrong dan disasak ke atas, wajah juga full make-up, baju ketat dengan jubah ala drakula yang dipadu dengan celana jins ketat atau celana kulit, spandex atau headband kulit. Salah satu yang merintis di glam metal yaitu, Quiet Riot yang sekitar tahun 1980-an sangat booming dipasaran kota Jepang.

3. TRASH METAL

Trash Metal adalah sebuah extreme metal subgenre dari heavy metal yang berciri memiliki tempo yang cepat dan agresiv. Lagu-lagu thrash metal biasanya menggunakan stem gitar nada rendah dan perkusi yang cepat.Pada drummer biasanya menggunakan dua bass drum dan permainannnya juga cepat. Di dunia musik, trash metal menjadi sorotan yang tajam bagi kelas tinggi dari kalangan metal. Sebut saja misalnya, Metallica, Megadeth, Anthrax, dan Slayer yang biasa disebut juga dengan “Big Four of Thrash”.

4. POWER METAL

Karakter musik ini khusus pada lirik yang banyak menonjolkan fantasi serta mitologi. Vocalisnya juga menyanyikan dengan lirik nada tinggi serta melengking. Dari instrumen, permainan harmonisasi solo antara 2 gitar yang kerap ditonjolkan. Begitu pula dari sektor drum yang banyak menggunakan dobel pedal atau dobel bass drum yang mirip thrash metal. Band yang termasuk power metal yaitu, Halloween, Manowar, Sympony X dan Yngwie Malmsteen.

5. FUNK METAL

Ini adalah perpaduan musik antara musik funk dan heavy metal. Yang dipengaruhi oleh hip hop dengan ritem bass nya juga terpengaruh oleh funk. Alhasil gaya atau style musik funk juga mempengaruhi saat ritem hip hop dimainkan. Namun berkembangnya musik ini tidak lama, karena telah bersaing oleh glam metal. Tapi sempat bangkit juga pada tahun 1990-an yang digandrungi oleh band Hot Chili Peppers, Incubus, Primus, Faith No More, Rage Against The Machine.

6. PROGRESSIVE METAL

Progressive Rock, sering disingkat prog, adalah jenis musik yang mulai berkembang pada akhir dekade 60-an dan mencapai masa jayanya di tahun 70-an, menggabungkan elemen-elemen dari rock, jazz dan musik klasik. Kadang pengaruh dari blues dan musik tradisional juga terasa. Ada beberapa ciri khas musik prog yang biasanya dapat ditemui dalam karya-karya musisi prog. Di antaranya adalah ritme yang tidak konvensional (bukan 4/4 atau sinkopasi), penguasaan alat musik yang mahir dengan permainan solo yang rumit, dan lagu-lagu yang panjangnya melebihi normal (lebih dari 5 menit, biasanya sekitar 12-20 menit atau bahkan lebih panjang). Salah satunya band Dream Theater.

7. DEATH METAL

Death Metal adalah sebuah sub-genre dari musik heavy metal yang berkembang dari thrash metal  pada awal 1980-an. Beberapa ciri khasnya adalah lirik lagu yang bertemakan kekerasan  atau kematian, satanisme, mitoligi dan mistis. Ritme gitar rendah (downtuned rhythm guitars), perkusi yang cepat, dan intensitas dinamis. Vokal biasanya dinyanyikan dengan gerutuan (death grunt) atau geraman (death growl). Teknik menyanyi seperti ini juga sering disebut “Cookie Monster vocals”. Gojira adalah salah satu penganut death metal.

8. GRINDCORE

Grincore adalah gabungan dari beberapa musik ekstrim: inspirasinya dimulai dari beberapa genre musik populer yang sangat cepat (seperti mengasah) industrial,extreme metal dan hardcore punk. Lagu yang berdurasi singkat dengan vocal nge-growl, gitar full distorsi adalah ciri musik grindcore. Napalm Death dengan lagu Your Suffer membukukan rekor di Guinness Book of Record. Lagu yang dirilis tahun 1987 mendapat pengakuan lagu terpendek di dunia. Total durasinya 1 menit 36 detik.

9. NU METAL

Dikenal pada pertengahan tahun 1990-an yang disebut sebagai percampuran genre karena influences musiknya dari grunge, funk, hip hop, sampai thrash metal dan groove metal. Ciri yang paling kentalnya ada di bass. Dengan permainan slap yang membuat musik ini terdengar sedikit funk. Apabila di permainan gitarnya  berada dirange low-mid, biasanya drop-D. jika permainan drumernya mengikuti beat hip hop.  Plus dihadiri DJ untuk memberikan backsound elektronik. Vocalnya digarap sedemikian melodius dan diselipkan tekhnik rap atau malah hardcore punk.  Bandnya adalah Korn, Limp Bizkit,Linkin Park, Crazy Town, Chimaira, Dry Kill Logic, dan DJ-DJ juga ngetop dengan frontman band, misalnya DJ Han nya Linkin Park.

10. METALCORE

Metalcore ini dikombinasikan antara extreme metal dan harcore punk. Yang kadang-kadang juga ada band yang memadukan metal dengan unsur punk sehingga karakter musiknya pun sering terdengar lebih punk atau metal. Sama-sama mengandalkan dobel bass drum, permainan gitar penuh distorsi namun tetap terdengar melodius. Ada juga melodic metalcore, ini adalah kelanjutan dari musik genre metalcore. Ini adalah kombinasi dari melodic death  metal yang sangat kental dengan harmonisasi duo gitar dan vocal. Band yang menggandrungi nya adalah Trivium.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: