FOTOGRAFER DARI TAHUN 1840 – 1986

24 Jul

* A B B E, E R N E S T (1840-1905)

Seorang ahli Fisika Jerman yang sejak 1866 menjabat sebagai direktur tekhnik perusahaan optik terkemuka Carl Zeiss. Setelah Zeiss wafat, Abbe mengambil alih kepemimpinan perusahaan. Abbe merancang lensa-lensa inovatif dan salah satu hasil karyanya yang sangat terkenal adalah metode pengukuran indeks refraksi (daya pembelokan sinar) dari lensa yang kemudian dikenal dengan sebutan “angka Abbe”. Pada pertengahan 1880, Abbe, Zeiss dan Otto Schoot mendirikan perusahaan dibawah kepimpinan Schoot. Mereka bertiga mengembangkan dan memproduksi lensa-lensa baru dengan bantuan bahan baku senyawa borat dan fosfat.

* A B B E, J A M E S (1883-1973)

Salah satu fotografer glamor kebangsaan Amerika Serikat. Ia sangat terkenal dengan kemampuannya dalam fotografi di studio. Beberapa selebritis yang pernah menjadi objek fotonya antara lain Freid Astaire, Charlie Chapplin, Rudolph Valentino, Mary Pickford, Noel Coward dan Irving Berlin. Hingga para pemimpin dunia semacam Adolf Hitler, Benito Mussolini, Josef Stalin, Roosevelt dan Fransisco Franko pernah menjadi objek fotonya. James Abbe suka memotret dari umur 12 tahun dengan mengambil objek para pelaut dan kapal untuk kartu pos, dan kemudian beralih menjadi pewarta foto antara 1913-1917. Salah satu kumpulan karyanya berkenaan dengan para selebritis terkenal dipublikasikan pada tahun 1975 dengan judul “Stars of the Twentiest”. Foto-foto karyanya tersebut pernah dipajang di Museum London (1975), Canon Photo Gallery di Amsterdam (1976) dan Washburn Gallery di New York pada 1978 dan 1983.

* A B B O T, B E R E N I C E (1898)

Seorang fotografer profesional dari Perancis. Pada tahun 1918 Berenice meninggalkan Perancis dan pergi ke New York untuk bekerja sebagai pematung. Selama dua tahun ia harus bolak-balik antara Perancis dan Jerman. Akhirnya ia menetap di Paris, Perancis dan menjadi asisten seorang fotografer profesional bernama Man Ray. Pada tahun 1925 Berenice menentukan menjadi fotografer profesional. Sebelum membuka studio sendiri di Paris. Dia memotret para seniman terkemuka di Perancis dan pameran pertama di Au Sacre du Printemps Galeri tahun 1926. Karakter foto karyanya adalah perhitungan pencahayaan yang cermat, pose-pose dan ekspresi yang serba alamiah. Kejelasan, ketegasan dan ketepatan selalu menjadi ciri khas fotonya. Dipengaruhi oleh Arget (fotografer profesional yang banyak mendokumentasi kota Paris beserta lingkungannya secara mendetail). Abbott kembali ke Amerika Serikat pada 1929 dan memulai sebuah proyek untuk foto New York. Pada tahun 1935 ia berhasil memperoleh dana untuk usaha dari Kemajuan Pekerjaan Administrasi (WPA) dan perusahaan Federal Seni Proyek.

Pada tahun 1936 bergabung dengan Paul Abbott Strand untuk membentuk Liga Foto.Tujuan awal adalah untuk menyediakan pers radikal dengan foto-foto kegiatan serikat buruh dan protes politik. Kemudian kelompok tersebut memutuskan untuk mengatur proyek-proyek lokal dimana anggota berkonsentrasi pada kerja memotret masyarakat kelas.

Abbott foto New York muncul di pameran, Mengubah New York, di Museum Kota pada tahun 1937. Sebuah buku, Mengubah New York, diterbitkan pada tahun 1939. Dia juga mempublikasikan sebuah Panduan untuk Lebih Baik Fotografi (1941). Pada akhir 1950-an Abbott mulai mengambil foto-foto yang menggambarkan hukum fisika. Berenis Abbott meninggal di Monson, Maine, pada tahun 1991.

* A B N E Y, SIR WILLIAM DE WIVELESLIE (1843-1920)

Seorang ahli Kimia yang memiliki perkembangan terhadap fotografi dari sisi ilmiahnya. Penemuannya pada film adalah intensifikasi negatif dengan tembaga bromida (copper bromide) dan perak nitrat (silver nitrate). Dalam pencetakan ia adalah orang yang pertama kali menemuka emulsi gelatin perak klorida (silver chloride) untuk kertas, juga penggunaan hidroquinon sebagai larutan pengembang (developer). Pada tahun 1892 Abney merupakan orang pertama yang dipilih menjadi President Photographic Society of London. Perkumpulan fotografi ini mendapatkan gelar Royal dari Ratu Victoria sehingga namanya berubah menjadi Royal Photographic Society of Great Britain. Abney menjabat selama 2 periode, yakni 10 tahun. Hasil penelitian dan tulisannya mencakup bidang kimia fotografi, sensitometri, densitometri, fotometri, analisis spektrum dan solarisasi.

* A D A M S, A N S E L

Fotografer dari Amerika Serikat amat sangat populer dengan usahanya yang sangat keras dibidang fotografi hitam-putih. Ia sangat intens dalam mempelajari sifat-sifat film dan kertas hitam-putih. Pendalamannya merupakan gabungan antara teori dasar fotografi dan pengalaman empiris itu akhirnya membuahkan teori sistem zone (zone system) yang banyak dianut oleh fotografer hitam putih diseluruh dunia.

Ansel Adams membagi berbagai gradasi foto dalam 10 zone, yaitu dari zone 0 – zone 9. Yang disebut zone 0 (nol) adalah hitam total maksimal yang bisa dicapai kertas foto, sedangkan zone 9 adalah putih total pada kertas foto yang belum pernah tersinari sama sekali. Zone 0-3 biasa disebut zone bayangan, zone 4-6 adalah zone menengah yang biasanya menjadi “terjemahan” warna merah, biru atau hijau, sdangkan zone 7-9 adalah zone highlight atau zone terang untuk pantulan warna atau tekstur yang sangat tipis.

* A R D I A N T O, F E R R Y

Fotografer yang kelahiran Jakarta ,25 April 1957 ini memulai kariernya dengan bekerja dengan biro iklan Intervista pada tahun 1984. Kemudian tahun 1986, ia membuka studio foto komersial bernama Infinity. Keterlibatannya di majalah dimulai tahun 1993, ketika ia menjadi staf redaksi di majalah Fotomedia untuk rubrik fotografi komersial. Empat tahun sesudahnya ia menjadi kontributor majalah Kosmopolitan. Ferry Ardianto aktif mengikuti berbagai seminar. Di lain pihak, ia juag memberikan seminar mengenai fotografi komersial di beberapa perguruan tinggi antara lain UNUD, Universitas Indonesia, Institut Seni Indonesia, dan lain-lain. Kini kesibukannya sebagai fotografer komersial dan menjadi staf pengajar di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan program D3 bidang Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI. Sementara itu, di organisasi fotografer profesional , APPI, ia menjabat sebagai wakil ketua I.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: