Delay Monday, dari materi lagu hingga materi Presiden.

15 Oct

 

Satu lagu band beraliran shogaze dari Jakarta yaitu Delay Monday yang terbentuk sekitar bulan September 2007. Kampus mereka di FISIP UI yang memberikan awal mereka bertemu dan saling mengenal. Apalagi ketika Ardha yang kala itu lebih dulu membentuk sebuah band. Ardha mengajak Fajar dan Allfi (satu jurusan dengan Ardha) yang kala itu sudah cukup malang melintang sebagai drummer dan bassist dari band metal yang juga berasal dari FISIP UI yaitu ‘7 Ship Port’. Allfi segera menyetujui ajakan tersebut karena 7 Ship Port sedang vakum dengan syarat dia diizinkan untuk bermain gitar, sementara karena dasar pertemanan yang kuat dengan Allfi dan Ardha, Fajar bersedia membantu dan bergabung secara resmi. Untuk posisi pemain bass sebenarnya ada beberapa nama yang dipertimbangkan untuk diajak bergabung, lalu pada akhirnya Ricky yang juga adik dari Allfi dan juga berkuliah di FISIP UI ditawarkan untuk bergabung, tanpa berpikir panjang Ricky pun menyetujui ajakan itu karena merasa senang bisa berada dalam satu band bersama kakaknya. Formasi 4 orang tersebut sempat latihan beberapa kali untuk mencoba mencari warna musik yang sesuai, namun mereka merasa masih ada elemen yang kurang dalam musik yang ingin dimainkan, lalu mereka memutuskan menambah seorang keyboardist. Dan Andre adalah salah satunya. Mereka lalu mencoba untuk menawarkan kepada Andre (yang sebelumnya tergabung dalam band brit pop ‘Brother and Sister’) untuk bergabung di Delay Monday. Diluar dugaan Andre menyetujui ajakan tersebut. Dengan segera mereka masuk studio lagi dan kali ini dengan materi yang nantinya menjadi cikal-bakal dari lagu ‘Conscious and Drunk’ yang memang konsepnya sudah dibuat oleh Andre beberapa waktu yang lalu. Formasi 5 orang inilah yang bertahan sampai sekarang dengan warna musik yang mereka mainkan sampai sekarang.

Delay Monday juga pernah mengikuti ajang LA indiefest yang kebetulan mereka mendapatkan dua kali perhelatan pada tahun 2008 dan 2009. Mereka selalu menembus 400 besar,namun kekecewaan juga yang akhirnya mereka rasakan. “kami merasa lebih kecewa untuk tidak terpilih lanjut di babak selanjutnya di tahun 2009 karena kami merasa datang dengan materi yang lebih siap baik secara teknis (Mixing, Mastering) maupun secara konten lagu yang kami anggap cukup mewakili apa yang dicari oleh ajang tersebut.” Akan tetapi mereka tidak pupus harapan untuk berkarya sebagai pemusik. “LIFE GOES ON!” itulah symbol mereka yang akhirnya mereka tetap mempunyai komitmen dan kemauan keras untuk memajukan band ini.

Usut demi usut ,mereka baru saja menyelesaikan beberapa lagu yang akan dirilis tahun depan. “Kami sedang mengumpulkan materi sebanyak-banyaknya, dan bereksplorasi semaksimal mungkin untuk album selanjutnya karena kita ingin album kita nantinya akan mempunyai kualitas yang jauh lebih baik dari EP yang sudah kita rilis di tahun 2010 ini” ungkap mereka.

Kita beralih pada pokok permasalahan yang sedang menggempar akhir-akhir ini. Kalian pasti tau kan berita perseteruan antara Malaysia dan Indonesia yang hingga kini masih belum ada jalan keluarnya. Nah, Delay Monday sedikit memberikan pandangannya tentang masalah ini. “Menurut saya permasalahan tersebut membutuhkan aksi yang tegas dari pemerintah. Pemerintah yang punya kuasa untuk berinteraksi dengan pihak Malaysia, dan pemerintah juga punya peran vital untuk meredakan emosi yang sepertinya sudah merata di seluruh rakyat Indonesia.” Kata Fajar Gandhira yang biasa dipanggil ‘Japra’ ini. Lalu dibalas pernyataan dari Andre Indrawan sang keyboardist,” Menurut saya memang dibutuhkan ketegasan dari pemerintah Indonesia. Kita sudah cukup sakit hati dengan diklaimnya beberapa budaya kita oleh Malaysia”. Lain halnya dengan Ardha Renzulli yang menyatakan bahwa “Kalo menurut gw sih permasalahan indonesia-malaysia terlalu dibesar-besarkan oleh media dengan pemberitaan yg tidak cover both side. Mungkin banyak orang kita yang nggak tau kalo sebenernya pegawai-pegawai kelautan di perbatasan itu suka melakukan pungli ke nelayan Malaysia, dan itu merupakan salah satu trigger factor kenapa hal tersebut bisa terjadi. Jadi seharusnya pemberitaan yg dilakukan oleh media harus objektif dan mendidik, ga cm dari sisi keuntungan bisnis semata.” Sepertinya Ardha sang vocalis ini,selain mempunyai suara yang bagus untuk melantunkan nada dan irama ternyata dia juga bisa mewakili suara rakyat. Hahahaha.

Apakah ada keinginan untuk menjadi Presiden ?
Fajar Gandhira : “Hahahaha, kalau presiden kayaknya nggak ya.” Memang mungkin dia adalah penggila sepakbola. Yang katanya dari kelas 3 SD sudah terobsesi dengan Manchester United. Woow…

Ardha Renzulli : “Ada dong. Siapapun pasti mau jadi presiden.” Terlihat sekali memang Ardha yang sedari kecil memiliki cita-cita sebagai diplomat ini maka tidak heran hanya dia yang ingin menjadi Presiden. Salut saya mass! J

Andre Indrawan : “Hehehe.. kalo gw kayaknya engga deh cape ah. Mending kerja yg seimbang antara kerja dengan istirahat.” Lain lagi cita-cita Andre yang dulu ingin sekali menjadi Menteri. Tapi kayaknya dia lebih cocok sebagai keyboardist saja deh. (peace mas andre, hehe)

Ricky.B.Pratama: “ Jadi presiden? Waduh makasih deh, gue aja udah kasihan banget sama SBY yang harus kerja keras membangun Indonesia sekarang. So ‘No Thanks’…” Nah, kalau yang ini bercita-cita menjadi TNI yang takut perang alhasil dia sekarang memilih untuk tidak mewujudkan cita-citanya karena sudah cukup menjadi Bassist.

Oke deh sukses buat Delay Monday atas tanya-jawabnya, walaupun Alfie Faradi (guitars) tidak ikut nimbrung yang dikarenakan sedang sibuk dikantornya. Well, no problem! Mungkin lain kali bisa lengkap yaaa.

http://www.myspace.com/delaymonday

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: