Catatan “Payung Merah” di SINOU_kaffee

29 Jun

PAYUNG MERAH
| Satu malam | Tiga orang | Mencari jalan pulang |
Seorang sopir taxi belajar menghargai orang yang ia cintai setelah mengantar penumpangnya yang cantik namun misterius.

Inilah salah satu film horor kelas atas yang disutradarai  oleh @edward_gunawan dan @andricung berjudul Payung Merah. Film ini sempat menang di Asian Short Film Awards (ASFA) di Singapura. Film bergenre drama thriller itu dibintangi Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto.

Selasa (28/06) tim Payung Merah mengadakan Trilogy Screening: Payung Merah, Borrowed Time + Broken Vase yang pada akhirnya saya datang telat di acara itu dikarenakan ada UAS kuliah ( sungguh menghambat bagi saya :X ). Namun saya amat sangat menyimak ketika talkshow dimulai. Ternyata si @edward_gunawan ini sudah berteman oleh Atiqah Hasiholan sudah 2 tahun dan dia merasa tertarik oleh atiqah untuk memerankan sebagai penumpang taksi misterius yang membawa payung merah. Simbol merah yang ada karena divisualisasikan sebagai darah.

Ada yang bertanya, mengapa orang luar negri bisa menerima Payung Merah? Karena ditiap negara sebenarnya punya urban tersendiri, mereka adalah orang-orang yang tidak percaya dengan supernatural. Tetapi dia mulai percaya ketika menonton ini dan merasa film ini sangat menjual.

Berapa lama produksi film Payung Merah ini dan apa suka-dukanya? Payung Merah shooting hanya dua hari tapi produksinya sekitar 6 bulanan. Suka-dukanya yaaah bokek, hahahaha.. Bagi saya suatu kreativitas akan mengalir ketika berada dilapangan, jadi saya juga tidak suka membanding-bandingkan kalo si A tugasnya ini, si B itu. Nggak begitu. Saya senang dengan kerjasamanya dalam produksi ini.

Apakah short film akan menjadi sebuah jawaban untuk menjadi film yang bagus ? Yahh.. daripada film panjang tapi jelek mendingan fokus aja sama film pendek. Film panjang atau pendek nggak ada masalah, yang penting adalah waktu disiplinnya.

Apa sih yang jadi point utama dalam menggarap suatu film pendek? Point pribadinya adalah percayalah dengan orang-orang yang membawa dampak positif. Metaforanya begini jika ada pohon besar, tapi dia ketutupan dengan sinar matahari maka rumput yang kecil pun tidak terlihat. Karena ketika kalian ngasih sama orang yang cuma bisa ngasih komentar negatif, itu nggak akan bisa ngedorong. Makanya saya akan memberikan kepada orang-orang yang percaya sama saya. Usaha terus yang pasti, bikin promosi lewat apa aja. Bikin di facebook ‘akun like’ begitu juga bisa kok, walaupun yang ngelike satu-dua orang. Hahaha. Yang pasti usaha promo terus, jangan berhenti.

Bagaimana peluang film pendek diluar negeri? Peluangnya sebenarnya besar, mungkin karena kurangnya rasa pede jadi kurang. Bagi saya, jangan pernah membuat sesuatu karena untuk dipuji seseorang. Jangan mengimpress orang untuk suka. Biar mengalir begitu aja. Tiap karya biarlah untuk dilihat bukan untuk dipuji.

Begitulah perbincangannya kira-kira yang saya catat. Dan semoga aja bulan July akan segera rilis, amin😀

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: